Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Pencarian

Recovery Account Email, Mengembalikan Akun Email Kita yang di Curi

Kamis, 26 Juli 2012
Tadi pagi waktu buka Gmail, footer webmail besutan Google itu agak aneh di browser saya. Ada tulisan “This account is open in 1 other location at this IP (112.x.x.x)” hyaaaa tentu saya jadi panik siapa kah itu. Tapi disini bukan mau ceritain tentang proses incident handling nya. Tapi saya jadi kepikiran pengen nulis buat para pembaca sebagai pengingat saja. Kemungkinan terburuk bagi orang yang login ke email saya tersebut adalah mengubah password saya dan pada akhirnya saya ga bisa buka email lagi. Nah, bagaimana cara kita untuk mengambil alih kembali account email kita yang dicuri orang tersebut?
Ada beberapa cara umum yang diberikan oleh penyedia email. Bisa jadi istilahnya beda-beda, tapi maksudnya sama. Semoga bisa membantu ya:
  1. Menggunakan secret question (pertanyaan rahasia) anda. Nanti akan keluar pertanyaan rahasia yang pernah anda buat. (Misalnya: Siapakah kucing peliharaan pertama anda? Jawaban: Kupluk). Jika jawabannya benar, maka anda diberi otoritas untuk kembali mengubah password account email anda yang dicuri orang itu. Tipsnya: HARUS BEDA sama yang dulu! Biar ga di bajak lagi haha. Intinya, jangan sampai anda lupa jawaban pertanyaan rahasia anda hehe. Kalo lupa, mumpung sekarang lagi ga di bajak akun emailnya, silakan buat pertanyaan rahasia anda plus jawaban rahasianya di Account Settings email anda.
  2. Menggunakan notifikasi ke alamat email alternatif. Jika anda memiliki alamat email cadangan, bisa menggunakan fitur ini. Nanti anda akan dikirimkan notifikasi ke alamat email cadangan anda itu. Tipsnya: password email anda seharusnya beda untuk tiap account. Kalo sama, yahh.. si pencuri account anda bisa saja sudah membobol email alternatif anda juga… Yahh.. ga ampuh dong cara ini..
  3. Menggunakan notifikasi ke handphone. Nah, menurut saya pribadi, cara ini yang paling aman. Nanti provider mail anda akan mengirimkan notifikasi via SMS ke handphone anda. Jika kode notifikasi yang diminta cocok, maka anda bisa melakukan reset password lagi.
  4. Cara terakhir adalah cara spesial… Lebih ke masalah social.. Yaitu: kontaklah help desknya hehe. Berikan keterangan-keterangan dan segala macam hal yang bisa membuktikan bahwa akun email tersebut adalah benar-benar milik anda, sehingga anda bisa mendapatkan akun email itu kembali hehehe.
Bagi para pembaca yang belum (tapi jangan sampai ya) di curi akun emailnya, lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Nah, silakan isi informasi anda pada provider emailnya. Isi dengan data yang benar. Syukur kalo 4 cara di atas sudah di support oleh provider email anda juga. (Setau saya adalah gmail dan yahoo).

2 komentar:

  • Anonim

    saya minta kembali kan car saya nama nick akarbumi12 tolong

  • Anonim

    Saya Mintak tolong kembali kan car saya nama nick akarbumi12 car satu satu ya

  • Posting Komentar